h1

Manajemen Teknologi

November 24, 2009

140309

Manajemen teknologi, inovasi dan knowledge => nazir harjanto

PENGANTAR MANAJEMEN TEKNOLOGI AGRIBISNIS –IPB -E. gumbira-sa’id

Bahasan ;

  1. Pengertian n ruang lingkup MTA
  2. Revolusi pengembangan teknologi
  3. Current status of agribusiness technology
  4. Peran manajemen teknologi untuk mencapai daya saing agribisnis global

Mantek campuran dari rekayasa, ilmu alam, ilmu social, praktek industry, teori bisnis

Konsep =>ilmu dan bisnis

Teknologi =upaya (kemampuan)yang dapat dilaksanakan o/ manusia u/ mendapatkan taraf hidup yang lebih baik

4 kemampuan THIO: jika membeli teknologi harus termasuk

  1. Technoware => perangkat, alat atau mesin,

Kemampuan=>  mesin dinyatakan dalam kapasitas(mesin,pabrik,operasional).

  1. Humanware => SDM

4 kemampuan (mengoperasikan, memperbaiki/merawat, mengadakan suku cadang, inovasi=melakukan perubahan ( inovasi tidak harus paten = produksi massa karena dikomersialisasikan))

  1. Inforware => perangkat informasi ,prosedur, design, metoda, cetak biru

Kemampuan => menyebarluaskan, menginform, menyebarkan, menganalisi

  1. Orgaware -> perangkat unit atau organisasi

Kemampuan mengelola THI sampai mampu sehingga bisa disebut teknologi

Knowledge bukan ilmu pengetahuan

Knowledge adalah gabungan dari pengalaman, nilai, informasi, intuisi dan Pendapat para pakar (davenport)

Teknologi = kemampuan

Computer bukan teknologi melainkan hanya berupa alat. Hanya berupa komponen dari teknologi. Computer hanya bias menerima perintah…yang mengendalikan adalah manusianya.

Entity teknologi ->dibedakan dengan elemen THIO

(hardware => struktur fisik, peralatan atau mesin2,

Software => ilmu pengetahuan yang digunakan u/ menjalankan hardware,

Brainware => pengguna teknologi,

know-how => ilmu pengetahuan, keahlian teknis)

Ilmu pengetahuan segala hal yang telah diamati atau dimengerti oleh akal dari sekumpulan informasi yang dapat digunakan.

210309

Slide 1 PERUBAHAN TEKNOLOGI DAN KEMAJUAN EKONOMI

Evolusi teknologi merupakan kemampuan manusia ct…dari cangkul jadi traktor. Sebagai sumber daya kehidupan. Sangat tergantung pada alam, pertama kali berkelompok kemampuan Cuma bias berburu, usaha tani, petambangan, manufaktur, daur ulang, pengendalia dan inovasi jasa.

Inovasi yang sulit adalah pada inovasi jasa….semua persh menggunakan e-commerce. Yang akan dating akan bertumpu pada kemampuan knowledge….harus menjadi asset perusahaan bukan hanya modal saja yang dijadikan asset.

Manajemen teknologi tidak bias dilepaskan dari ekonomi manajemen.

Bukan SDM menjadi  asset, karena di pabrik banyak SDM tapi hanya 1 orang yang punya knowledge.

Knowledge tidak bias ditransfer…hanya bias sharing, karena bukan teknologi

TRANSISI DARI ALAMIAH KE TEKNOLOGI

Modernisasi tidak ada artinya, yang ada adalah kemajuan

PERSOALAN YANG TIMBUL

-          Sda tersebar tidak merata di muka bumi ini…maka berlakulah ekspor dan impor

-          persediaan sda semakinmenipis

-          penetapanharga yang pantas sulit dilakukan

-          konsumsi sda sangat tinggi

-          di negara maju konsumsi sdt juga tinggi

-          bagaimana menuju kemandirian bangsa ??

KETERGANTUNGAN TERHADAP TEKNOLOGI

Alat untuk pengembangan peningkatan kekuatan manusia masih menggunakan

-          Meningkatkan kekuatan otot

-          Meningkatkan kekuatan otak

-          Membuat kehidupan menjadi lebih nyaman

TECHNOLOGY

TECHNOWARE => perangkat teknologi

HUMAN WARE =>perangkat manusia

INFORWARE => perangkat informasi

ORGAWARE =>        perangkat organisasi

Harus dilengkapi dengan

  • CAPABILITY/ ABLE TO HEARTWARE/COMMITMET kemauan tanggungjawab dan tindak lanjut
  • KOMPONEN TEKNOLOGI YANG BERINTERAKSI SECARA DINAMIS
  • Kerangka organisasi, fakta terdokumentasi, kerangka kerja organisasi
  • BERBAGAI KOMPONEN TEKNOLOGI U/ MENINGKATKAN NILAI TAMBAH PRODUK

Fasilitas fisik =>  didapat melalui kegiatan litbang-primitive-traditional-contemorary-emerging

Kemampuan manusia=> kecanggihan didapat melalui kegiatan diklat-iperaing-setting-adjusting-improvising

fakta terdokumentasi => Kecanggihan inforware didapat melalui kegiatn penelitian yang umumnya bersifat akademis . basic-applied-fundamental-cutting-edge

kerangka kerja organisasi => Kecanggihan orgaware didapat melalui proses pengalaman dan rekayas , ad-hoc-orderly-scientific-systemic

MENGAPA TEKNOLOGI HRS DIKELOLA ??

-          Bagaimana karakter teknologi  => bersifat keinginan maju

-          Pilihan apa yang tersedia untuk kita

  • Stop teknologi
  • Biarkan teknologi berkembang
  • Kelola teknologi

Teknologi memberikan harapan, nilai dan keyakinan untuk manusia, memberikan harapan untuk menjebatani atnara yangkaya dan miskin, dapat meningkatkan nilai tambah ekonomi dan social memberikan keyakinan bahwa dunia esok akan lebih baik.

280309 AKAN ADA TUGAS YANG DIKUMPULKAN SAAT MIDTEST

BAHASAN UTAMA

  1. PENGENALAN KERANGKA DASAR

Manajemen teknologi (Tecnology Management)

  1. TIGA TAHAPAN PENERAPAN
  2. MENGKAJI TOPIK KRITIS
  3. MEMFOKUSKAN KAJIAN

Dasar kerangka berpikir -> Quality, Cost, Delivery, Flexibility->dalam maintenance

Mutu harus tinggi dan pasokan berkesinambungan…pasokan berupa kepercayaan dan loyalitas user(sbg konsumen)

Ruang lingkup mt dan isu modern

Identifikasi isu penting mt yang representative

Mt untuk perluasan sector industri dll

Modern tidak ada artinya

KERANGKA MANAJEMEN TERPADU

Kapasitas persaingan umum infrastruktur teknologi  dilihat mengenai kapasitas persaingan -> dalam pembuatan system, harus tau keinginan user, lihat lingkungan industrinya,

PENCIPTAAN NILAI: FOKUS ATAU REFOKUS DARI PENCIPTAAN NILAI

Nilai adl sdm, pengembangan produk , operasi dan dukugan sdm, pelanggan, penjualan , kemasan-> pada intinya harus memenuhi kepusaan user.

Kemampuan teknis, semua mendasari nilai tsb.

INPUT                                –TRANSFORMASI                                                           -OUTPUT

Sumberdayaalam-teknologi(komponen, kemampuan , iklim, infrastruktur)-produk akhir,                  produk smpingan, produk jasa

Barang1/2 jadi

Komponen pendanaan

Yang penting dalam transformasi dicapai inovasi.

SESUATU YANG BISA DIJADIKAN KONTROL DARI MANCANEGARA

Produktivitas tinggi, mutu komoditas tinggi, pemakaian dana lebih efisien, pertumbuhan ekonomi lebih cepat, pemilihan teknologi tepat terap, tenaga kerja trampil, lingkungan kerja kondusif, control manajemen baik, prasarana pasar baik, mekanisme penetuan harga baik.

  • Fakta superioritas teknologi jepang.
  • Menghasilkan paten lebih banyak
  • Neger a dengan perusahaan terbesar dunia
  • Falsafah yang mendunia-> kaizen perbaikan yang berkelanjutan diadaptasi dimana2
  • Kerjasama tim
  • Memadukan fusi teknologi rekayasa dengan pemasaran yang hebat
  • Kekuatan raksasa teknologi pada era pradigital
  • Sangat kuat dengan teknologi integral seperti mobil dengan komponen customized dari awal

Seorang manajer harus menguasai knowledge dari perusahaan tersebut.

KELEMAHAN JEPANG

  • Budaya korporasinya rumit
  • Didominasi perusahaan dengan integraasi vertical (lebih banyak persh mempunyai banyak anak perusahaan)
  • Sulit melakukan manuver lincah ()
  • Menurunkan kreatifitas
  • Hirarki yang ketat(antara atasan dan bawahan sulit berhubungan)
  • Kurang menghargai ide dari individu
  • Gagal dalam terobosan berbasis computer
  • Lemah dalam pengembangan produk modular (produk komponen yang dicampur dan dipadukan dengan cara yang inovatif)
  • Promosi berbasis senioritas

PRASYARAT PRADIGMA MANAJEMEN TEKNOLOGI

Penurunan biaya, penguatan daya saing, desenralisasi, tim usaha multi disiplin, fleksibilitas perusahaan, skala ekonomis produksi, perbaikan kondisi produksi dan pemikirian berskala global.

DALAM LINGKUP KEGIATAN MANAJEMEN FASILITAS TERPADU

Beragam jenis jasa pelayanan manajemen fasilitas keras dan lunak

110409

Pertemuan 4

ALIH TEKNOLOGI

Perpindahan tekno dari satu tempat ke tempat yang lain dalam bentuk :

  • Individu dengan individu
  • Individu dengan organisasi -> vice versa
  • Individu dengan Negara -> vice versa

Alih teknologi bias terjadi secara :

  • Vertical -> dari litbang ke rekayasa
  • Horizontal -> dari satu lingkungan ke lingkungan lainnya

Jenis dan tahapan alih teknolog

  • Non paket tekno – komponen
  • Paket proses teknologi – system
  • Paket proyek

Yang terjadi

  • Lebih banyak jumlah penghubung, lebih sulit melakukan alih teknologi
  • Lebih besar perbedaan dalam kemampuan teknologi antara tr dan te, maka akan lebih sulit memutuskan alih teknologi

Perbedaan kemampuan yang terlalu tipis menyulitkan prakarsa proses alih teknologi

Mekanisme alih teknologi berorientasi pasar

  • Pembelian pabrik, peralatan teknologi
  • Foreign direct invest
  • Joint ventures
  • Technical collaboration
  1. Licencing
  2. Technical service agreement
  3. Engineering and costruction agreement
  4. Sub contracting
  5. Turnkey project
  6. Product in hand contacts
  7. Management contract
  8. Production sharing
  9. Joint research ventures
  10. Expert services-> selalu mengambil dari Negara berkembang

Tidak berorientasi pasar

  • Literature, buku, jurnal, majala
  • Informasi teknik
  • Pameran
  • Kontak personal/informal
  • Konferensi, seminar
  • Training, diklat

Lingkungan transferor

Menunjukkan kondisi tr dilihat dari :

  • Status ekonomi
  • Status teknologi
  • Orientasi ke dalam dan ke luar
  • Stabilitas
  • Sikap dan komitment atas alih teknologi

Lingkungan transferee

Menunjukkan kapasitas daya serap TE terutama pada aspek :

  • Infrastruktur fisik tekno
  • Organisasi dan stabilitas
  • Keahlian dan keterampilan yang ada
  • Orientasi ke dalam dank e luar
  • Kemampuan ekonomi
  • Sikap dan komitmen untuk berubah

LINGKUNGAN KESELURUHAN

Merupakan alih tekno yang melibatkan dua Negara, hendaknya dilihat kondisi :

  • Hubungan politik dua Negara
  • Kurs dan iklim invest
  • Negosiasi perdagangan
  • Persaingan internasional

Jadi

  • Pilihan mekanisme alih teknologi sangat tergantung pada lingkungan tr dan te dan lingkungan keseluruhan
  • Bargaining power tr dan te tergantung pada lingkungan
  • Tingkat keefektifan alih teknologi terhadap peningkatan kemampuan teknologi te tergantung pada lingkungan
  • State of the art techno

Motivasi transferee

  • Belajar dari tr
  • Menghindari biaya litbang dan desain
  • Menciptakan kesempatan kerja
  • Meningkatkan daya saing
  • Alasan social, ekonomi dan politik

Motivasi transferor

  • Mengganti tekno using
  • Tekno tidak sesuai dengan strategi persh
  • Kuatir ada duplikasi
  • Menghindari pesaing
  • Tdk mampu menumbuhkan tekno krn masalah organisasi
  • Factor politik dan social
  • Menciptakan pesaing
  • Berbagi untuk keuntungan bersma
  • Memanfaatkan upah buruh rendah
  • Memperlemah kemampuan Negara berkembang

POLA KEMITRAAN TRADISIONAL BENTUK

Patron                                      ->                  client

Pemilik modal                                      petani/ penggarap

Pemilik peralatan produksi               peternak

Pemilik fasilitas lainnya                     nelayan

KELEMAHAN

  • Kemungkinan terjadi eksploitasi berkelanjutan
  • Hubungan : horizontal -> usaha tani

Vertical -> hubungan utang

  • Padat karya (labor intensive)
  • Biang keladi miskin
  • Kurang merangsang semangat mandiri
  • Keselamatan patron lebih dipertimbangkan disbanding client

POLA KEMITRAAN PEMERINTAH

Secara vertical :

Bapak angkat –anak angkat

POLA KEMITRAAN PASAR

  • Petani dan pemilik modal menggalang kerjasama. Hal ini terjadi biasanya untuk hasil pertanian bernilai ekonomi tinggi dan mempunya permintaan kuat di pasar dunia
  • Untuk mewujudkan pola kemitraan pasar, petani dan pemilik modal masih memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap pihak ketiga, karena sulitnya berhubungan dengan jaringan pusat pemasaran

ALTERNATIF POLA KEMITRAAN AGRIBISNIS MASA DEPAN :

Mentransformasikan cirri usaha ekonomi pertanian tradisional hingga berciri dan membentuk struktur ekonomi pusat, ciri2nya :

  • Petani adalah pengusaha agribisnis(pemilik saham keseluruhan jaringan agribisnis)
  • Kegiatan tidak dibatasi hanya pada kegiatan produksi bahan bau, namun pada keseluruhan jaringan tubuh agribisnis
  • Output bukan hanya bahan baku yang tidk stabil, melainkan komoditas olahan yang bernilai tinggi, berciri spesifik serta memiliki standar mutu tinggi. Target pasar bervariasi : local, regional dan global
  • Hubungan kemitraan antar pelaku ada rasionalitas ekonomi dan spesialisasi.

PROSES KEMITRAAN YANG INOVATIF

Rantai inov proses produk,antara unit litbang dan unit produksi

Rantai inov paket metoda, antara unit produksi dan litbang universitas

Merupakan rantai inovasi kepakaran – pengetahuan

KETERKAITAN ANTARA PERUSAHAAN DENGAN PEMASOK DAN PELANGGAN (studi kasus di pt.kem farm, pt. murakabi buana, pt. tunas prospecta agritama, pt.indagro cultura dan pt. mitratani dua tujuh)

ALASAN PEMBENTUKAN KEMITRAAN

  • Permintaan pasar
  • Tanggapan thd kebutuhan pelanggan

BENTUK KEMITRAAN

  • MODEL KOLABORASI

Teknologi, organisasi, desain aliansi melakukan pembelajaran sehingga terbentuk motif strategis dan taktis

  • MODEL SINTETIS STRATEGI ADAPTIF
  • PENDEKATAN STRATEGIS

Strategi inovasi -> strategi rasionalis dan incremental

Lima kekuatan kompetisi industry

  • Hubungan dengan pemasok
  • Hubungan dengan konsumen
  • New entrants
  • Produk substitusi
  • Perusahaan pesaing

4 strategi pasar generic

  • Biaya leadership d?????
  • ??
  • ??
  • ??

FAKTOR KESUKSESAN HUBUNGAN KEMITRAAN

INOVASI berarti mengimplementasikan ide baru yang menghasilkan nilai

IKLIM TEKNOLOGI

PERAN LANGSUNG PEMERINTAH

  • Penguasaan teknologi
  • Pengembangan sdm
  • Pemantapan  kelembagaan
  • Menciptakan iklim usaha yang kondusif

YANG DIBUTUHKAN INDUSTRI KECIL

Modal -> bunga rendah agunan terbatas, prosedur tdk berbelit, cepat, jumlah relative mencukupi

Produksi ->kesinambungan bahan baku, kualitas dan standardisasi, ketepatan waktu

Pemasaran -> masuk (terobosan) dan ekspansi, meminimalisasi perantara, showroom, informasi pasar

TUGAS KELOMPOK

1 perusahaan, deteksi yang masih manual untuk bias dijadikan komputerize,pilihan

e-commerse, adanya di antara output dan pelangan, pemasok dan input(bahan baku)

bagaimana standar dari pemasok ke pabrik untuk menentukan bahan yang mutu

e- market,  antara output dan pelanggan…contoh iklan…cara pemasarannya, lebih sempit disbanding ecommerce

e-business -> diambil dari proses bisnis, dari pemasok, bahan baku, proses jadi output dan pelanggan, mengenai alih teknologi masuk ke e-bisnis

Tujuan bisnis dan teknologinya apa ?

180409

Dalam membuat system yang harus diperhatikan adalah proses bisnisnya…menuju e-bussines shg dalam proses produksi mengenai keu, karyawan dll tercakup

Membuat system bias digunakan/bias dijual. Sumber daya termasuk dari insfrastruktur dan bukan bagian dari teknologi.

Dimulai dari hal yang paling mendasar sampai dengan menjadi bahan jual/hasil akhir

Proses dari input ke output-> dilakukan proses dengan komputerisasi

PEMBUATAN ROAD MAP DARI TANAMAN PERKEBUNAN ON FARM

è Untuk hidup yang lebih baik-> sumber daya manusia -> potensi pengembangan->kelembagaan ekonomi petani,->pengetahuan local

Pelanggan tidak ada teknologinya, peranan pelanggan kecil

TAHAPAN PENAMBAHAN NILAI

  • Hasil pengolahan bahan baku yang telh menjadi barang siap pakai (barang jadi)
  • E-bussines merupakan system produksi
  • Membuat sampai ke pasar…dari bahan baku, proses,output dan pasar
  • Harus mengetahui inti dari produk

230409

Mater i berupa buku pak budi

Pertanyaan modern itu apa ??

Ekonomi berbasis knowledge

Merubah image dari masyarakat menjadi hal yang baik, lain dari yang lain

Tanpa knowledge tidak akan terjadi inovasi

DEFENISI DAN RELASI

Knowledge              inovasi

Teknologi                bisnis

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DUNIA

Water power, textiles, iron -> stream, rail, steel-> internal combustion engine, electricity, chemicals

G-1                                    G-2                                     G-3

Bioteknologi, perkembangan ini selalu diikuti dengan dampak sampingan (nilai positif selalu diikuti dengan nilai negatif)

PERKEMBANGAN KNOWLEDGE MANAGEMENT

Mobilizing invisible assets, knowledge asset, know how company, knowledge company, knowledge creating company, fifth disciplinne

TEKNOLOGI , PENGETAHUAN DAN MANUSIA

Melalui sejarang tenologi telah mempengaruhi perkembangan pengetahuan manusia dan perkembangan peradaban.

PERUBAHAN TEKNOLOGI

3C -> communications, computing and content

Interaktif multimedia berhubungan dengan computing, communications dan content

1980 mainframe

1990 super computer

2000 cluster computer

PERUBAHAN TEKNOLOGI KONTENT

Ict mempengaruhi entertainment, kehidupan sekolah dan rumah…..gadget keren

DEFINISI TEKNOLOGI

Teknologi dapat definikan sebagai keseluruhan pengetahuan, produk, proses , peralatan, metode dan sistem yang dibgunakan barang

Teknologi merupakan kemampuan dalam mempergunakan perangkat

RELASI KNOWLEDGE DAN BISNIS (EKONOMI BERBASIS KNOWLEDGE)

Akan mempengaruhi produktifitas

Efektif/efesian = 0/I adalah produktifitas

Knowledge merupakan total faktor efektif y ang akan menumbuhkan, mendukung pertumbuhan

TEKNOLOGI, KNOWLEDGE DAN BISNIS

Harus hati2 karena tidak semua informasi adalah benar.

Dahulu aset berupa benda tak bergerak, sekarang adalah kemampuan dan knowledge tidak lagi mengarah ke human resources.

4 hal knowledge :

  1. Cognitive knowledge atau know what-> knowledg untuk sukses
  2. Advance skill atau know how->melakukan eksekusi yang efekti dari teori yang ada
  3. Sistem understanding atau know why
  4. Self motivated creativity atau care why

APA – BAGAIMANA –MENGAPA-CARE WHY

DEFINISI BISNIS-> usaha untuk menjalankan suatu organisasi atau perusahaan dalam rangka mencapai suatu tujuan untuk mendapatkan profit dan revenue

  • TECHNOLOGY PUSH, dorongan dari teknologi, dimulai dengan penelitian, inovasi harus melewati produksi masal baru distribusi baru timbul teknologi….didasari dengan knowledge
  • DEMAND PULL, tarikan kebutuhan

Ketika kecepatan mencapai puncaknya maka dominan desain baru akan muncul

PERBANDINGAN INVENSIN DAN INOVASI

INVENTSI adalah konsep kreas teknologi dapat erupa produk, proses atau sistem yang sebelumnya tidak dikenal, penemuan ini merupakan hal yang baru  bagi dunia

Innovasi terkait dengan penemuan dalam hal produk, jasa atau proses yang merupakan hal baru bagi sebuah organisasi. Introduksi sebuah produk baru, jasa atu proses kepaa pasar melalui komersialisasi adalah inovasi

Penemuan dapat juga bukan hal yang baru di dunia

Contoh invensi-> menciptakan teknologi, kemampuan, proses , bahan baru atau lainnya

Contoh inovasi->Mencarai aplikasi bernilai komersial (atau bermanfaat sosial ekonomi) dari invensi

INOVASI BERTAHAP(INKREMENTAL)-PENA-> menjadi ballpoint

INOVASI RADIKAL -> mengubah/mengganti nilai dari basis pengetahuan yang ada

MENGUBAH LINTASAN TEKNOLOGI YANG ADA-> perubahan dari mesin tik menjadi komputer

DARI DATA MENJADI PENGETAHUAN

Data-> hal yang langsung dapat diamati dan diverifikasi

Informasi -> hal yang dapat mewakili data yang telah dianalisis

Pengetahun-> hal yang didasarkan atas pengalaman, persepsi dan pendapat individual(para pakar,intuisi para pakar)

Pengalaman yang besar dapat menjadi wisdom

PERSPEKTIF DARI KNOWLEDGE

ü  Know what –cognitive knowledge (pelatihan, studi)

ü  Know how – aplikasi praktis

ü  Know why- system understanding hubungan sebab akibat, masalah kompleks dan menciptakan solusi baru untuk masalah baru

ü  Care why – tingkat self-motivated creativity. Menuju ke inovasi radikal melalui locatan imaginatif dan pemikiran lateral

TUJUAN KM

Adalah untuk memanfaatkan pengetahuan untuk keunggulan organisasi

Tujuan lainya adalah

Fasilitasi masa transisi orang lama denganroang baru

Minimalisai hilangnya pengetahuan karena keluarnya karyawan

Mengetahui sumber daya

MULTIDISIPLINE KM

  • Ilmu keorganisasian
  • Ilmu kognitif
  • Linguistik
  • TI
  • Ilmu kepustakaan
  • Teknik penulisan dan jurnalise
  • Antropologi dan sosiologi
  • Pendidikan dan pelatihan
  • Ilmu komunikasi
  • Teknologi kolaborasi -> intranet, ekstranet, portal, web technologies

PENCIPTAAN MODAL INTELEKTUAL

Penggabungan (combination)-> menambahkan pengetahuan baru ke pengetahuan yang sudah ada, membuat hubungan baru antar pengetahuan

Pertukaran (exchange)-> transfer pengetahuan eksplisit, belajar bersama

DIAGRAM KNOWLEDGE MANAGEMENT

300509

In the business world

Km menjadi big deal dalam industri

Km termasiuk dari kerjasaa, pembelajaran organisasi, best practices, workflow, ip managemet, document management, customer focus and using data meaningfully (data mining)

Km membutuhkan pemahaman dari soft skills yang penting untuk bekerja dengan orang2.

Pengetahuan dipandang sebagai sebuah komoditi atau sebuah aset intelektual

Karakteristik pengetahuan

  1. Penggunaan pengetahuan tidak akan menghabiskannya
  2. Perpindahan pengethuan tidak akan menghilangkannya
  3. Pengetahuan itu berlimpah, tetapi kemampuan terbatas untuk menggu nakannya
  4. Banyak pengetahuan berharga hilang begitu saja

Data adalah fakta, sesuatu yang dapat ditangkap oleh indera, dapat diamati dan diverifikasi.

Data diberi arti menjadi informasi, informasi ditambah maksud menjadi knowledge, knowledge ditambah kreatifitas +motivasi menjadi inovasi yang menjadi daya saing

Data -> hal yang langsung dapat diamati dan diverifikasi

Informasi-> hal yang dapat mewakilik data yang telah dianalisis

Pengetahuan-> hal yang didasarkan atas pengalaman, persepsi dan pendapat individual (para pakar)

Beberapa proses yang digunakan untuk merubah informasi ke knowledge

  • Perbandingan what yang sudah diketahui
  • Kunsekuensi howyang seharusnya dikerjakan
  • Koneksiwhy
  • Diskusi (what)

Perspektif dari knowledge

  • Know what –cognitive knowledge (pelatihan, studi)
  • Know how-aplikasi praktis
  • Know why – system understanding hubungan sebab-akibat masalah komplekas dan menciptakan solusi baru untuk masalah baru
  • Care why – tingkat self motivated creativity menuju ke inovasi radikal melalui loncatan imaginatif dan pemikiran lateral

Jenis dan bentuk knowledge

Tacit knowledge

  • Pengetahuan yang sulit diartikulasikan, dituliskan dalam kata-kata, teks, maupun gambar
  • Berada di dalam benak orang yang mengetahui

Explicit knowledge (dokumen= jurnal, buku)

  • Pengetahuan yang telah ditangkap dan dinyatakan dalam kata-kata, teks, maupun gambar
  • Telah ada dalam bentuk konkrit/nyata

Semakin tacit sebuah knowledge pengetahuan, maka semakin berharga knowledge tersebut

Peningkatan awreness

You know what you don’t know -> active missing knowledge

You know what you know -> explicit knowledge

You don’t know what you don’t know -> passive missing knowledge

You don’t know what you know -> tacit knowledge

Km merupakan bidang ilmu multidisiplin yang mencakup banyak hal

Dari perspektif proses/teknologi :

Km adalah sebuah konsep dimana informasi diubah menjadi pengetahuan dan terseia dala bentuk yang dpat digunakan bagi orang yang membutuhkan

Km system adalah penyimpanan virtual terhadap informasi relevan yang kritis untuk tugas2 harian pada organisasi

Km adalah pendekatan sistematis untuk mengelola penggunaan inforasi untuk menyediakan aliran pengetahuan yang memungkinkan pengambilan keputusan yang efisien dan efektif

Tujuan km

Untuk memanfaatkan pengetahun untuk keunggulan organisasi

Tujuan lainnya adalah

  • Fasilitas masa transisi orang lama dengan orang baru
  • Minimalisasi hilangnya km karena keluarnya karyawan
  • Mengetahui sumber daya dan area pengetahuan kritis yang dimiliki
  • Mengembangkan metode untuk mencegah hilangnya kekayaan intelektual perusahaan

060609

KM DI BIDANG HUKUM

KM DIBIDANG BISNIS

Harus menguasai bidang terkait….ct.beli mobil harus tahu suku cadang yang handal.

British Petroleum (BP)

Flat organization -> setiap unit diusahakan sedekat mungkin dengan sumber daya alam dan pelanggan.

Menggunakan intranet agar karyawan dapat membuat homepage dan bisa menyebarluaskan pengalamanan

Astra, sinarmas, telkom, indosat => knowledge office

Sistem E learning menyediakan dukungan untuk pembelajaran pemahaman dan p engertian yang baik untuk mendapat pengetahuan baru

KOMPONEN DARI SISTEM PAKAR

The expert system

Expert system development

INOVATION =>

INVENTION=>

130609

Faktor dalam transfer knowledge

  • Dimana knowledge di transfer dari
  • Media yang digunakan dalam transfer knowledge
  • Dimana knowledge ditransfer

Ingat

  • Hanya jumlah yang terbata yang dapat ditangkap dalam knowledge yang ditulis
  • Transfer knowledge memfasilitasi oleh sharing knowledge

Perbedaan knowledge transfer dan knowledge sharing => media yang digunakan berbeda, siapa yang memberi, perbedaan kemampuan

  • Knowledge transfer => diskusi belum memenuhi, antara orang yang punya yang tidak punya, cenderung kearah ilmu (science)
  • Knowledge sharing => spt diskusi, antar teman, lebih kearah knowledge

Knowledge transfer => KBS application, expert repositories, tainers, computeraize educational system, customer serice representative sales field service

Knowledge application =>KB customer service, knowledge workers, knowledge applicaton products, Parents tecnology

Ketentuan yang harus diikuti dalam transfer knowledge

  • Knowledge sharing => Mengenali sifat personal dari manusia yang mendapatkan keuntungan dari experience.
  • Mitosnya “once you build it, they will use it “ sebenarnya belum tentu seperti itu => mungkin mengoperasikannya tidak bisa.
  • Untuk transfer knowledge membutuhkan perubahan budaya, politik dan perilaku

200609

Knowledge sharing

Perusahaan yang menciptakan budaya knowledge sharing dan menyediakan alat untuk memberikan dorongan.

Orang2 yang mempraktekkan knowledge sharing setiap hari agar kerja lebih baik.

Knowledge sharing in action :

Mempelajari dari masa lalu

Menyusun suatu team -> mencari orang2 yang mempunya knowledge…akhirnya menemukan pakar

Menghubungi orang tsb -> kontak personal

Tim bekerja sama => menghadiri konferensi knowledge sharing.

Menggunakan e-world tuk menjaga tim supaya bersatu

PR=>

Apa knowledge yang dikuasai oleh dosen diilmu IT support atau database??…

Ada 2 yang harus dikuasai =>1. Cara mengajar

apa yang diperlukan.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: