h1

Pandawa Lima

November 25, 2009

Kenal tokoh Pandawa pas baca komik karya Kosasih pas cerita bharatayudha, sampai dengan masing2 karakter yang mempunya kelebihan dan kelemahan. menggambarkan jiwa dari manusia yang lemah tapi dapat menjadi kuat jika seluruh kelebihan bisa dimaksimalkan dan kelemahan bisa diminimalkan.

Cerita sangat penuh dengan kata2 bijak. apalagi saat sang Arjuna menjadi gundah gulana dikarenakan harus bertarung dengan Kurawa yang saudara sendiri. maka sang arjuna konsultasi dengan sang Kresna yang bijaksana. yang dapat diambil dari hasil konsultasi itu adalah….bahwa dalam memerangi keangkaramurkaan harus dilakukan walaupun yang harus diperangi adalah saudara sendiri……jika sudah diingatkan tetap tidak bisa maka yang harus dicamkan adalah berperang dengan ketidakadilan….bukan dengan saudara…jikalau sang saudara tidak berubah maka tak ada ampun….harus ditumpas….(wuih kata2nya….agak serem yak)

akhirnya sang Arjuna menjadi lebih lega dan dapat konsentrasi bertempur menumpas kebatilan…

tapi dari semua seri yang ada……cuma satu yang belum dibaca….dan kayaknya gak tega bacanya ni…tapi tetap penasaran karena ceritanya mengenai masa dimana pandawa melepaskan keduniawian menuju nirwana….hiks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: