h1

e-bisnis

Pengertian ebisnis

Definisi menurut IBM (http://www.ibm.com/e-business) ebisnis adalah sebuah transformasi dari kunci proses bisnis melalui penggunaan teknologi internet.
Menurut Departemen Perdagangan dan Industri UK, DTI 2000 menggambarkan ebisnis adalah integrasi penuh terhadap penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam operasional proses bisnis.

Definisi secara umum, ebisnis adalah pertukaran informasi yang dimediasi secara elektronik didalam organisasi dan eksternal stakeholder untuk mendukung proses bisnis ( Ebusiness and ecommerce management, Dave Chaffey, 2007).

Ada dua hal dalam memberikan istilah ebisnis dalam perusahaan.
Pertama, sebuah konsep yang diterapkan untuk strategi dan operasi.
Kedua, ebisnis digunakan sebagai sebuah sifat untuk menggambarkan bisnis utama yang beroperasi secara online.

ebisnis membuka peluang bagi perusahaan kecil dan besar untuk berkompetisi di pasar global. Mereka memiliki kesempatan dan peluang yang sama tanpa ada batasan.

Coba Lihat iklan teks di google.com, apakah Anda tahu link iklan di sisi sebelah kanan google.com tersebut perusahaan kecil atau besar. Anda baru tahu setelah melakukan klik terhadap situs tersebut. Inilah yang dimaksud bahwa perusahaan kecil dan besar memiliki peluang yang sama untuk dikunjungi hingga akhirnya sukses di dunia maya. Tentu bukan itu saja faktor keberhasilan sebuah website, karena faktor berikutnya justru pada apa yang akan ditawarkan oleh website yang akan dikunjungi oleh pembaca tersebut.

Berikut ini adalah karakteristik dari sebuah informasi :

– Reach, merujuk pada jumlah potensial customer yang akan berinteraksi. Internet memberikan kemampuan untuk meningkatkan jumlah customer secara nasional dan internasional dengan harga relatif murah melalui website yang mudah dicari melalui search engine.

– Richness, internet mampu memberikan informasi secara detail tentang suatu produk, harga dan ketersediaan. Juga lebih interaktif dan kustomisasi sesuai kebutuhan consumer, memberikan informasi yang terkini. Richness ini dibatasi oleh bandwidth,akurasi dan reliabilitas informasi dan keamanan itu sendiri.

– Afiliasi, merujuk pada seberapa efektif link dengan partner. Organisasi yang memiliki banyak link dengan organisasi serupa dapat meningkatkan kunjungan dan pengaruh. Lihat seperti google.com yang memiliki google adsense yang secara sukarela dipakai oleh jutaan pengguna di seluruh dunia. Dengan adsense ini google semakin memperluas jangkauan nya sampai ke negara-negara kecil diseluruh dunia.Sampai saat ini Google masih satu-satunya search engine yang paling berpengaruh di jagat ini. Walaupun ada beberapa pesaing search engine yang mulai menyusul seperti Bing.

http://info-ebisnis.blogspot.com/2008/10/pengertian-ebisnis-dan-ecommerce.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: